WAZAN
Mei 03, 2017
PENDAHULUAN
Dalam bahasa Arab, fi’il (kata kerja) dibangun
dengan tiga huruf (disebut tsulasi) atau
empat huruf (disebut ruba’i). Contoh tsulasi “جَلَسَ”…dan contoh ruba’iy “دَخْرَجَ”. Kadang tsulasiy dan ruba’iy mendapat huruf tambahan sehingga hurufnya
berjumlah lima atau enam. Contohnya أَجْلَسَ.. تَدَخْرَجَ… Apabila tsulasi dan ruba’iy tersebut
tidak mendapat huruf tambahan maka disebut mujarrad ( مجرد ), sebaliknya jika ada tambahan disebut mazid ( مزيد ).
Untuk memudahkan mengenali bentuk kata (tidak hanya
fi’il) maka dipersiapkanlah ukuran/timbangan, yang disebut wazan ( وزن ). Adapun huruf
yang dijadikan sebagai wazan adalah huruf fa’ , ‘ain , dan lam (فـعـل ). Kemudian disesuaikanlah harakat dan sukunnya. Dalam konteks fi’il,
maka contoh كَـتَـب (kataba) misalnya, merupakan wazan فـعـل (fa’ala). Huruf “kaf” disebut fa fi’il ( فاء الفعل ), “ ta’ ” disebut ‘ain fi’il ( عين الفعل ), dan “ ba’ ” disebut lam fi’il ( لام الفعل ).
Apabila fi’il asalnya lebih dari tiga huruf maka lamnya diulangi pada wazannya. Maka pada contoh “ دَخْرَجَ ” , maka hal itu atas wazan فَـعـْلـَلَ (fa’lala), dan huruf keempatnya disebut dengan lam fi’il kedua.
-لَ |
لــَ |
عـْـ |
فـــَ |
الوزن |
جَ |
رَ |
خْـ |
دَ |
المثال |
Apabila tambahan tersebut dengan mengulangi huruf asal kata, maka pada contoh “ قـَدَّمَ ” merupakan wazan dari “ فـَعّـَلَ ”.
ــلَ |
ــعَّـ |
فـــَ |
الوزن |
مَ |
دَّ |
قَــَ |
المثال |
Kemudian apabila tambahan tersebut satu atau lebih, maka letakkanlah tambahan tersebut dalam timbangan. Seperti kata “ اِجْتـَمَعَ ” maka ia adalah wazan “ اِفْتـَعَلَ ”, kata “ اِسْتـَعْمَلَ ” adalah wazan “اِسْتـَفْعـَلَ ”.
اِ فـْــتــعـــَـلَ |
الوزن |
اِ جْــتــَــمــَـعَ |
المثل |
اِ سـْـتــَــفــْعـــَلَ |
الوزن |
اِ سـْـتــَغــْـفـرَ |
المثل |
Apabila semua tambahan selain asal kata maka didatangkan
satu lafaz pada timbagan kecuali pengganti ta’ “ اِفـْتـَعَل ” karena ia dianggap asli. Seperti pada contoh “ اِسْطـَرَبَ “ ,
“ اِذْدَكَرَ “ adalah
dengan wazan “ اِفـْتـَعَلَ ”. Apabila ada yang dihazafkan pada kata yang ditimbang (mauzun) maka
pada wazan juga dihazabkan. Seperti kata “ زِنْ ” adalah atas
wazan “ عـِلْ ”, “ بـِعْ ” adalah atas wazan “ فـِلْ ”, dan “ قِ ” adalah atas wazan “ عِ ”, dan lain sebagainya.
Apabila terjadi proses I’lal dengan qalb
atau dengan taskin pada mauzun maka tidak begitu dengan wazan, Seperti
kata “ قـَالــَ ” adalah atas wazan “ فـَعـَلَ ” dan “ يـَقـُوْلُ ” adalah atas wazan “ يـَفـْعُلُ “.
0 komentar