WAZAN

Mei 03, 2017

PENDAHULUAN


Dalam bahasa Arab, fi’il (kata kerja) dibangun dengan tiga huruf (disebut tsulasi) atau empat huruf (disebut ruba’i). Contoh tsulasi “جَلَسَ…dan contoh ruba’iy “دَخْرَجَ. Kadang tsulasiy dan ruba’iy mendapat huruf tambahan sehingga hurufnya berjumlah lima atau enam. Contohnya أَجْلَسَ.. تَدَخْرَجَ… Apabila tsulasi dan ruba’iy tersebut tidak mendapat huruf tambahan maka disebut mujarrad ( مجرد ), sebaliknya jika ada tambahan disebut mazid ( مزيد ).
Untuk memudahkan mengenali bentuk kata (tidak hanya fi’il) maka dipersiapkanlah ukuran/timbangan, yang disebut wazan ( وزن ). Adapun huruf yang dijadikan sebagai wazan adalah huruf fa’ , ‘ain , dan lam  (فـعـل  ). Kemudian disesuaikanlah harakat dan sukunnya. Dalam konteks fi’il, maka  contoh  كَـتَـب (kataba) misalnya, merupakan wazan فـعـل  (fa’ala).  Huruf “kaf” disebut fa fi’il ( فاء الفعل ), “ ta’ ” disebut ‘ain fi’il ( عين الفعل ), dan “ ba’ ” disebut lam fi’il ( لام الفعل ).

Apabila fi’il asalnya lebih dari tiga huruf maka lamnya diulangi pada wazannya. Maka pada contoh “ دَخْرَجَ ” , maka hal itu atas wazan  فَـعـْلـَلَ  (fa’lala), dan huruf keempatnya disebut dengan lam fi’il kedua.

-لَ

لــَ

عـْـ

فـــَ

الوزن

جَ

رَ

خْـ

دَ

المثال

 

 

 

Apabila tambahan tersebut dengan mengulangi huruf asal kata, maka pada contoh “ قـَدَّمَ ” merupakan wazan dari “ فـَعّـَلَ ”.

ــلَ

ــعَّـ

فـــَ

الوزن

مَ

دَّ

قَــَ

المثال

 



 

Kemudian apabila tambahan tersebut satu atau lebih, maka letakkanlah tambahan tersebut dalam timbangan. Seperti kata “ اِجْتـَمَعَ ” maka ia adalah wazan “ اِفْتـَعَلَ ”, kata “ اِسْتـَعْمَلَ  ” adalah wazan “اِسْتـَفْعـَلَ   ”.

اِ فـْــتــعـــَـلَ

الوزن

اِ جْــتــَــمــَـعَ

المثل

اِ  سـْـتــَــفــْعـــَلَ

الوزن

اِ  سـْـتــَغــْـفـرَ

المثل










Apabila semua tambahan selain asal kata maka didatangkan satu lafaz pada timbagan kecuali pengganti ta’اِفـْتـَعَل karena ia dianggap asli. Seperti pada contoh   اِسْطـَرَبَ “ ,   اِذْدَكَرَ “ adalah dengan wazan اِفـْتـَعَلَ  ”. Apabila ada yang dihazafkan pada kata yang ditimbang (mauzun) maka pada wazan juga dihazabkan. Seperti kata زِنْ ” adalah atas wazan عـِلْ ”, “ بـِعْ  adalah atas wazan فـِلْ  ”, dan قِ adalah atas wazan عِ ”, dan lain sebagainya.
Apabila terjadi proses I’lal dengan qalb atau dengan taskin pada mauzun maka tidak begitu dengan wazan, Seperti kata قـَالــَ adalah atas wazan فـَعـَلَ dan يـَقـُوْلُ adalah atas wazan يـَفـْعُلُ “.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images