TAUKID
Mei 12, 2017
Taukid adalah tabi’ (pengikut) yang disebutkan
dalam kalimat untuk menghilangkan keraguan pendengar. Dengan demikian, taukid
berfungsi untuk meyakinkan pendengar tentang informasi yang disampaikan.
Contoh:
جاءَ عليٌّ نفسُهُ : Ali datang sendiri
Kata “ نفسُهُ “ pada
contoh di atas adalah salah satu lafaz taukid, yang ingin menunjukkan bahwa “
Ali memang datang sendiri, tidak dengan yang lain atau bukan penggantinya yang
datang “. Dikatakan sebagai tabi’ bahwa kata “نفسُهُ “
mengikuti kata “ عليٌّ “
dalam i’rabnya, yaitu mengikuti rafa’nya.
Dalam bahasa Arab
taukid itu ada dua macam:
1.
Taukid Lafzhi
( توكيد لفظي )
Yaitu
taukid dengan cara mengulangi lafaz yang ditaukidkan atau dengan sinonimnya.
Contoh:
جاءَ عليٌّ عليٌّ
Pada
contoh di atas, kata “عليّ “ diulangi pengucapannya untuk menunjukkan bahwa Ali lah yang
datang.
Di
bawah ini dijelaskan beberapa bentuk taukid lafzhi:
o
اسماً ظاهراً
Contoh: جاءَ عليٌّ عليٌّ
o Isim Dhamir
( ضميراً )
Contoh:
:" يا آدمُ اسكُنْ أنتَ وزَوجُكَ
الجنّةَ ".
o Fi’il (
فعلاً )
Contoh: جاءَ جاءَ عليٌّ.
o Jumlah (
جملةً )
Contoh: جاءَ عليٌّ،
جاءَ عليٌّ .
o Huruf (
حرفاً )
Contoh: لا، لا أبوحُ
بالسرّ.
o Sinonim
(المرادفُ )
Contoh: أتى جاءَ
عليٌّ .
2.
Taukid Ma’nawi ( توكيد معنوي )
Yaitu taukid
dengan menggunakan kata-kata berikut dengan menghubungkannya dengan dhamir yang
sesuai dengan muakkad.
o
النّفس
Kata “ نفس “ digunakan untuk muakkad mufrad. Adapun
muakkad mutsanna’ dan jama’ maka digunakan kata “ نفس “ dalam bentuk jama’ dengan wazan “ أفعل “ yaitu menjadi “ أنفس “ .
Contoh: ، جاء الرجلان أنفسهما ، جاء الرجال أنفسهم جَاءَ الرَّجُلُ نَفْسُهُ
o
العين
Sebagaimana " نفس “ , kata “ عين “ juga digunakan untuk muakkad mufrad. Jika
muakkadnya mutsanna’ atau jama’ maka digunakan dalam bentuk jama’nya yaitu” أعين “
.
Contoh:، حضرت التميذتان أعينهما ، حضرت التلميذات أعينهن حَضَرَتْ
فَاطِمَةُ عَيْنُهَا
o
جَمِيْعُ
,
عامّةٌ , dan كلُّ
Semua lafazh جَمِيْعُ , عامّةٌ , dan كلُّ mentaukidkan semua
dan bagian-bagian yang berkaitan dengan muakkad.
Contoh:
إِنَّ
اْلأُمَّةَ اْلعَرَبِيَّةَ جَمِيْعَهَا قَلْبٌ وَاحِدٌ
حَضَرَ
اْلقَوْمُ عَامَتُهُمْ
شَاهَدْتُ
النِّسَاءَ كُلَّهُنَّ
Di samping
itu, setelah lafaz “ كل “ banyak juga diikuti
dengan lafaz “ أجمع “ untuk menguatkan taukid. Lafaz “ أجمع “
untuk mufrad muzakkar, lafaz “ جمعاء “
mufradah muannats, lafaz “ أجمعون “
atau “ أجمعين “ untuk jama’ muzakkar dan lafaz “ جُمع “ untuk jama’ mu’annats.
o
كلاَ أو كلتا
Contoh: تَعَلَّمَ الطَّالِبَانِ كِلَاهُمَا في غُرْفَتِهِمَا ،
تَعَلَّمَتْ الطَّالِبَتَانِ كِلْتَاهُمَا في غُرْفَتِهِمَا
4 komentar
Tqsm u help me a lot
BalasHapusTqsm u help me a lot
BalasHapusTqsm u help me a lot
BalasHapusAssalamualaikum mau nanya, lafadz kullun kan khusus buat jama' muakadnya tapi kenapa domirnya itu terkadang mufrod contoh kulluha
BalasHapus