Sifat Musyabbahah Bismi al-Fa’il

Mei 04, 2017




الصفة المشبهة باسم الفاعل

Pengertian Sifat Musyabbahah

الصفة المشبهة باسم الفاعل هي صفة تؤخذ من الفعل اللازم، للدلالة على معنى قائم بالموصوف بها على وجه الثبوت ، لا على وجه الحدوث .

        Sifat musyabbahah bismi al-fa’il adalah sifat yang terbentuk dari fi’il lazim , untuk menunjukkan makna orang yang melakukan perbuatan dari aspek tetapnya (sifat tersebut pada diri maushuf), bukan dari aspek terjadinya (perbuatan tersebut) . Contoh:

الأستاذ كريمٌ

الدرس صَعْب

Kata “  كريم  “ dan “صعب   “ adalah sifat yang terjadi dari fi’il lazim yaitu “  كـَرُمَ   dan   صَعـُبَ “.  Kedua kata tersebut  merupakan sifat yang melekat  pada maushufnya ( الأستاذ   dan  الدرس  ). Maknanya menyerupai isim fa’il. Kedua sifat tersebut melekat pada maushufnya ( الأستاذ   dan  الدرس  ). Oleh karena itu, ia tidak memiliki masa atau zaman.

Wazan Sifat Musyabbahah

o Wazan dari Tsulasy Muajaraad

Sifat musyabbahah dari tsulasy mujarrad memiliki empat wazan secara qiyasiy, yaitu: “  أَفـْعَلُ ، فـَعْلَانُ ، فـَعْلٌ ، فـَعـِيْلٌ  “.

1.   أَفـْعَلُ  

        أفعل merupakan wazan sifat musyabbahah dari wazan fi’il “  فـَعـَلَ   “ lazim,  yang menunjukkan :

o   لون  “ ( warna), seperti kata-kata “ أحمر  “ (merah), “ أبيض  “ (putih), dan “  أسود  “ (hitam),  dan/atau

o     عيب    (cacat ), seperti kata-kata “  أعرج  “ ( yang pincang ) , “ أعور    ( yang buta sebelah  ), “  أعمى  “ ( yang buta ),   dan/atau

o     حلية  “ (perhiasan), seperti kata-kata “ أكحل  “ ( yang bercelak hitam ), “ أحور  “ ( yang bermata jelita ) , dan “ أنحل  “ ( yang indah matanya  ).

                Bentuk mu’annas dari wazan ini adalah “  فـَعـْلاَءُ “.

2.       فـَعْلَانُ
Wazan “ فـَعْلَانُ “ yang mu’annasnya “  فـَعْلىَ “ terjadi dari fi’il “  فعِلَ  “ lazim, yang menunjukkan :
o     الخـُلـُوُّ  “ ( kekosongan  ) seperti kata “ الغـَرْثَانُ  “ ( yang lapar  ), “  الصَّدْيَانُ  “ ( yang sangat haus  ) , dan “ العَطْشَانُ “ ( yang haus  ), atau;
o   الاِمْتِلاَءُ  “ ( penuh  ) seperti kata    الشـَّبْعَانُ  “ ( yang kenyang  ), “  الرَيَّانُ  “ ( yang puas  ), dan “ السَّكْرَانُ  “ ( yang mabuk  ), atau;
o     حرارة الباطن غير داء “ ( Batin panas ) seperti kata “  الغَـَضْبَانُ “ ( yang marah ), “ الثـَكـْلاَنُ  “ ( yang mati anaknya  ), dan “ اللـَّهـْفـَانُ  “ ( yang bersedih hati  ).
3.       فَعِلٌ 
Wazan “ فَعِلٌ “yang mu’annasnya “ فـَعـِلـَة , terbentuk dari fi’il “ فـَعِلَ  “ yang menunjukkan :
o     الأدواء الباطنية     baik jasmani maupun rohani. Seperti kata “  وَجِعٌ  “ (yang mulas), “  مَغـِصٌ ( yang mulas) تعب“ ( yang capek ), “ جَوٍّ  “ (  penyakit paru-paru ), “  ضجر “ ( yang gelisah ), “ شرس  “ ( yang jelek akhlaknya ), “  قلق “ ( yang cemas  ), “ لحز  “ ( yang bakhil  ), “ مرح  “ ( yang sombong  ).

o  يشبه الأدواء (menyerupai penyakit) seperti menunjukan “حزن  “ ( sedih  ) dan “اغتمام  “ ( susah  ). Sepertin kata-kata “  كمد ، حزن ، حرب ، شج “ ( yang luka, yang marah, yang sedih, yang sedih)

o  يضادها (lawannya) seperti menunjukkan “ سرور “ (kegembiraan). Seperti kata-kata “فرح ، طرب ، رض” ( yang gembira, yang girang, yang senang) , atau menunjukan “  زين من الصفات الباطنة  “ seperti kata-kata “  فطن ، ندس ، لبق ، سلس ، “ (yang luwes, yang cerdas, yang pintar, yang lembut).

" فـَعـِيْلٌ  4.

Wazan  فعيل biasanya terjadi dari “   فـَعـُلَ – يَفـْعـُلُ  “, seperti kata-kata “  كريم ، عظيم ، حليم ، رئيس ، جميل      , dan lain-lain.

 


 



You Might Also Like

9 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images