FI’IL MUDHARI’ DAN TASHRIFNYA
Mei 07, 2017
1.Pengertian Fi’il Mudhari’
Fi’il mudhari’ secara bahasa adalah al-Musyabah,
dinamakan demikian karena ia menyerupai isim fa’il dalam susunan huruf yang
berharkat dan sukun seperti antara “يضرب dan ضارب”, dan dalam makna dan penggunaannya.
Adapun secara istilah adalah:
الفعل المضارع هو ما دل على حدوث شئ في زمن التكلم أو بعده.
Fi’il Mudhari’ adalah fi’il yang menunjukkan
terjadinya perbuatan pada masa sekarang dan akan datang.Contoh:
ü الـْمُدَرِّسُ
يـَتـَكـَلـَّمُ أمامَ الفَصْلِ =
Guru sedang berbicara di depan
kelas.
Kata “ يـَتـَكـَلـَّمُ “ pada contoh di atas adalah fi’il mudhari’,
karena ia menunjukkan terjadinya perbuatan (berbicara) pada masa sekarang.
2.Ketentuan Fi’il Mudhari’
Mudhari’ pasti berfungsi untuk
masa sekarang jika disebelumnya ada “لام
الابتداء (lam
Ibtida’), ما النافية ( ma
al-nafiyah ), atau ليس ( laisa) ”.
Seperti “ إن
الركيب لينظرك”, “ما
أسمع كلامك”, “لست
أسمع ما تقولُـــ”.
Jika didahului oleh “س
(shin)
atau سوف (saufa)”
maka pasti menunjukkan masa akan datang. Seperti “ سأزورك” atau سوف
أزورك” artinya saya akan mengunjungi kamu.
Begitu juga jika didahului ‘amil nasb dan jazm kecuali “لــَمْ
dan لـَمَّا”, seperti “ لـَنْ
يَجُوْدَ البَخِيْلُ” artinya orang bakhil itu tidak akan
sukses, “أريد أن أزورك و إن تزرني أكرمك” artinya saya ingin mengunjungimu dan jika kamu mengunjungi
aku, aku akan memuliakanmu. Dan apabila didahului oleh huruf/adat توقيع
(tauki’)
seperti “قد يبرأ
المريض”, atau menunjukkan “طلب
(thalab)”
seperti “يرحمك الله”.
Fi’il mudhari’ dibuat dari fi’il
madhi dengan menambah salah satu huruf mudhara’ah, yaitu: hamzah, nun, ya’, dan
ta’. Adapun hamzah adalah untuk mutakallim (orang pertama tunggal), nun untuk
mutakallimin (orang pertama jama’), ta’ untuk semua mukhatab (orang kedua) kecuali
orang kedua jama’ perempuan, dan ya’ untuk
semua ghaib (orang ketiga laki-laki) dan ghaibah jama’ (orang ketiga
perempuan jama’).
Huruf mudhara’ah pada fi’il
mudhari’ ma’lum dhammah pada ruba’I dan fath pada selainnya. Jika fi’il madhi
tsulasi maka fa’nya disukunkan dan harakat ‘ainnya berlaku seperti pada
wazan-wazan tsulasi mujarrad. Kalau fi’ilnya ghair tsulasi (bukan tiga huruf)
dan di awalnya ta’ zaidah maka bentuk huruf sebelum akhir tidak berubah
sedikitpun, seperti “يـَتـَقـَدَّم dan
يـَتـَدَخْرَج”,
kecuali dikasrahkan huruf sebelum akhir dan dihazabkan hamzah zaidah yang ada
di awal jika ada. Seperti “ يـُبَايـِعُ, يـُكـْرِمُ, dan يـَنـْطَلـِقُ”.
Fi’il mudhari’ majhul dibuat
dari mudhari’ ma’lum dengan didhammahkan huruf mudhara’ah dan difathkan huruf
sebelum akhir, seperti “يـُكـْرَمُ , يـُدَخْرَجُ, dan يـُسْتـَغـْفـَرُ”. Hal
itu baik secara lafaz, sebagaima contoh di atas, atau taqdir seperti “يـُقـَالُ
” karena asalnya adalah “يـُقـْوَل”.
3.Fi’il mudhari’ ketika bersambung
dengan dhamir rafa’
a. Fi’il Mudhari’ bina salim
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أجلس
|
أنا
|
تجلسين
|
أنت
|
تجلس
|
أنت
|
تجلس
|
هي
|
يجلس
|
هو
|
مفرد
|
نجلس
|
نحن
|
تجلسان
|
أنتما
|
تجلسان
|
أنتما
|
تجلسان
|
هما
|
يجلسان
|
هما
|
مثنى
|
تجلسن
|
أنتن
|
تجلسون
|
أنتم
|
يجلسن
|
هن
|
يجلسون
|
هم
|
جمع
|
b.Fi’il mudhari’ bina mahmuz
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
آخذ
|
أنا
|
تأخذين
|
أنت
|
تأخذ
|
أنت
|
تأخذ
|
هي
|
يأخذ
|
هو
|
مفرد
|
نأخذ
|
نحن
|
تأخذان
|
أنتما
|
تأخذان
|
أنتما
|
تأخذان
|
هما
|
يأخذان
|
هما
|
مثنى
|
تأخذن
|
أنتن
|
تأخذون
|
أنتم
|
يأخذن
|
هن
|
يأخذون
|
هم
|
جمع
|
c. Fi’il mudhari’ bina mudha’af
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أمر
|
أنا
|
تمرين
|
أنت
|
تمر
|
أنت
|
تمر
|
هي
|
يمر
|
هو
|
مفرد
|
نمر
|
نحن
|
تمران
|
أنتما
|
تمران
|
أنتما
|
تمران
|
هما
|
يمران
|
هما
|
مثنى
|
تمررن
|
أنتن
|
تمرون
|
أنتم
|
يمررن
|
هن
|
يمرون
|
هم
|
جمع
|
Catatan:
Terjadi perubahan
pada fi’il mudhari’ mudha’af ketika ditashrifkan secara lughawi ketika bersambung
dengan nun niswah, seperti pada kata “ يمررن “ dan “ تمررن “maka idghamnya dilepaskan.
d. Fi’il mudhari’ bina mitsal
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أضع
|
أنا
|
تضعين
|
أنت
|
تضع
|
أنت
|
تضع
|
هي
|
يضع
|
هو
|
مفرد
|
نضع
|
نحن
|
تضعان
|
أنتما
|
تضعان
|
أنتما
|
تضعان
|
هما
|
يضعان
|
هما
|
مثنى
|
تضعن
|
أنتن
|
تضعون
|
أنتم
|
يضعن
|
هن
|
يضعون
|
هم
|
جمع
|
Catatan:
Pada fi’il mitsal wawy maka dihazafkan wawnya
pada mudhari’ dimana ‘ainnya berharkat kasrah. Apabila ‘ain mudhari’nya fatah
atau dhammah maka fa’ fi’il pada mudhari’ tidak dihazafkan, seperti kata “ وَهَمَ
- يَوْهَمُ “.
e. Fi’il
Mudhari’ bina ajwab
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أصوم
|
أنا
|
تصومين
|
أنت
|
تصوم
|
أنت
|
تصوم
|
هي
|
يصوم
|
هو
|
مفرد
|
نصوم
|
نحن
|
تصومان
|
أنتما
|
تصومان
|
أنتما
|
تصومان
|
هما
|
يصومان
|
هما
|
مثنى
|
تصمن
|
أنتن
|
تصومون
|
أنتم
|
يصمن
|
هن
|
يصومون
|
هم
|
جمع
|
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أبيع
|
أنا
|
تبيعين
|
أنت
|
تبيع
|
أنت
|
تبيع
|
هي
|
يبيع
|
هو
|
مفرد
|
نبيع
|
نحن
|
تبيعان
|
أنتما
|
تبيعان
|
أنتما
|
تبيعان
|
هما
|
يبيعان
|
هما
|
مثنى
|
تبعن
|
أنتن
|
تبيعون
|
أنتم
|
يبعن
|
هن
|
يبيعون
|
هم
|
جمع
|
Catatan:
Huruf ‘ilat waw atau ya’
pada fi’il mudhari’ ajwab dihazafkan ketika bersambung dengan nun niswah,
seperti pada kata “ يصمن , تصمن “ dan
“ يبعن , تبعن “.
f.
Fi’il Mudhari’ bina naqis
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أدعو
|
أنا
|
تدعين
|
أنت
|
تدعو
|
أنت
|
تدعو
|
هي
|
يدعو
|
هو
|
مفرد
|
ندعو
|
نحن
|
تدعوان
|
أنتما
|
تدعوان
|
أنتما
|
تدعوان
|
هما
|
يدعوان
|
هما
|
مثنى
|
تدعون
|
أنتن
|
تدعون
|
أنتم
|
يدعون
|
هن
|
يدعون
|
هم
|
جمع
|
متكلم
|
مخاطبة
|
مخاطب
|
غائبة
|
غائب
|
|
|||||
أرمي
|
أنا
|
ترمين
|
أنت
|
ترمي
|
أنت
|
ترمي
|
هي
|
يرمي
|
هو
|
مفرد
|
نرمي
|
نحن
|
ترميان
|
أنتما
|
ترميان
|
أنتما
|
ترميان
|
هما
|
يرميان
|
هما
|
مثنى
|
ترمين
|
أنتن
|
ترمون
|
أنتم
|
يرمين
|
هن
|
يرمون
|
هم
|
جمع
|
Catatan:
Fi’il mudhari’ naqis, dihazafkan huruf ‘ilatnya
ketika bersambung dengan waw jama’ah atau ya’ mukhathobah seperti pada kata “يدعون , تدعون “
dan “يرمون
, ترمين “.
Jika huruf ‘ilat yang dihazafkan tersebut adalah alif, seperti “ يخشى - يخشون “.
Maka difathahkan huruf sebelum waw.
0 komentar