FI’IL MUDHARI’ DAN TASHRIFNYA

Mei 07, 2017





1.Pengertian Fi’il Mudhari’
Fi’il mudhari’ secara bahasa adalah al-Musyabah, dinamakan demikian karena ia menyerupai isim fa’il dalam susunan huruf yang berharkat dan sukun seperti antara “يضرب  dan ضارب”, dan dalam makna dan penggunaannya.
Adapun secara istilah adalah:
الفعل المضارع هو ما دل على حدوث شئ في زمن التكلم أو بعده.
Fi’il Mudhari’ adalah fi’il yang menunjukkan terjadinya perbuatan pada masa sekarang dan akan datang.Contoh:
ü الـْمُدَرِّسُ يـَتـَكـَلـَّمُ أمامَ الفَصْلِ = Guru sedang berbicara di depan kelas.
Kata “ يـَتـَكـَلـَّمُ  “ pada contoh di atas adalah fi’il mudhari’, karena ia menunjukkan terjadinya perbuatan (berbicara) pada masa sekarang.


2.Ketentuan Fi’il Mudhari’
Mudhari’ pasti berfungsi untuk masa sekarang jika disebelumnya ada “لام الابتداء  (lam Ibtida’), ما النافية  ( ma al-nafiyah ), atau  ليس  ( laisa) ”. Seperti “ إن الركيب لينظرك”, “ما أسمع كلامك”, “لست أسمع ما تقولُـــ”.
Jika didahului oleh “س (shin) atau سوف (saufa)” maka pasti menunjukkan masa akan datang. Seperti “ سأزورك” atau سوف أزورك” artinya saya akan mengunjungi kamu. Begitu juga jika didahului ‘amil nasb dan jazm kecuali “لــَمْ dan لـَمَّا”, seperti “ لـَنْ يَجُوْدَ البَخِيْلُ” artinya orang bakhil itu tidak akan sukses, “أريد أن أزورك و إن تزرني أكرمك” artinya saya ingin mengunjungimu dan jika kamu mengunjungi aku, aku akan memuliakanmu. Dan apabila didahului oleh huruf/adat توقيع  (tauki’) seperti “قد يبرأ المريض”, atau menunjukkan “طلب  (thalab)” seperti “يرحمك الله”.
Fi’il mudhari’ dibuat dari fi’il madhi dengan menambah salah satu huruf mudhara’ah, yaitu: hamzah, nun, ya’, dan ta’. Adapun hamzah adalah untuk mutakallim (orang pertama tunggal), nun untuk mutakallimin (orang pertama jama’), ta’ untuk semua mukhatab (orang kedua) kecuali orang kedua jama’ perempuan, dan ya’ untuk  semua ghaib (orang ketiga laki-laki) dan ghaibah jama’ (orang ketiga perempuan jama’).
Huruf mudhara’ah pada fi’il mudhari’ ma’lum dhammah pada ruba’I dan fath pada selainnya. Jika fi’il madhi tsulasi maka fa’nya disukunkan dan harakat ‘ainnya berlaku seperti pada wazan-wazan tsulasi mujarrad. Kalau fi’ilnya ghair tsulasi (bukan tiga huruf) dan di awalnya ta’ zaidah maka bentuk huruf sebelum akhir tidak berubah sedikitpun, seperti “يـَتـَقـَدَّم dan يـَتـَدَخْرَج”, kecuali dikasrahkan huruf sebelum akhir dan dihazabkan hamzah zaidah yang ada di awal jika ada. Seperti “ يـُبَايـِعُ, يـُكـْرِمُ, dan يـَنـْطَلـِقُ”.
Fi’il mudhari’ majhul dibuat dari mudhari’ ma’lum dengan didhammahkan huruf mudhara’ah dan difathkan huruf sebelum akhir, seperti “يـُكـْرَمُ , يـُدَخْرَجُ, dan يـُسْتـَغـْفـَرُ”. Hal itu baik secara lafaz, sebagaima contoh di atas, atau taqdir seperti “يـُقـَالُ ” karena asalnya adalah “يـُقـْوَل”.
3.Fi’il mudhari’ ketika bersambung dengan dhamir rafa’
a. Fi’il Mudhari’ bina salim
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أجلس
أنا
تجلسين
أنت
تجلس
أنت
تجلس
هي
يجلس
هو
مفرد
نجلس
نحن
تجلسان
أنتما
تجلسان
أنتما
تجلسان
هما
يجلسان
هما
مثنى
تجلسن
أنتن
تجلسون
أنتم
يجلسن
هن
يجلسون
هم
جمع

b.Fi’il mudhari’ bina mahmuz
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

آخذ
أنا
تأخذين
أنت
تأخذ
أنت
تأخذ
هي
يأخذ
هو
مفرد
نأخذ
نحن
تأخذان
أنتما
تأخذان
أنتما
تأخذان
هما
يأخذان
هما
مثنى
تأخذن
أنتن
تأخذون
أنتم
يأخذن
هن
يأخذون
هم
جمع

c. Fi’il mudhari’ bina mudha’af
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أمر
أنا
تمرين
أنت
تمر
أنت
تمر
هي
يمر
هو
مفرد
نمر
نحن
تمران
أنتما
تمران
أنتما
تمران
هما
يمران
هما
مثنى
تمررن
أنتن
تمرون
أنتم
يمررن
هن
يمرون
هم
جمع
Catatan:
Terjadi  perubahan  pada fi’il mudhari’ mudha’af ketika ditashrifkan secara lughawi ketika bersambung dengan nun niswah, seperti pada kata “  يمررن     “ dan “ تمررن   “maka idghamnya dilepaskan.

d.   Fi’il mudhari’ bina mitsal
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أضع
أنا
تضعين
أنت
تضع
أنت
تضع
هي
يضع
هو
مفرد
نضع
نحن
تضعان
أنتما
تضعان
أنتما
تضعان
هما
يضعان
هما
مثنى
تضعن
أنتن
تضعون
أنتم
يضعن
هن
يضعون
هم
جمع

Catatan:
Pada fi’il mitsal wawy maka dihazafkan wawnya pada mudhari’ dimana ‘ainnya berharkat kasrah. Apabila ‘ain mudhari’nya fatah atau dhammah maka fa’ fi’il pada mudhari’ tidak dihazafkan, seperti kata “  وَهَمَ - يَوْهَمُ  .

e.   Fi’il Mudhari’ bina ajwab
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أصوم
أنا
تصومين
أنت
تصوم
أنت
تصوم
هي
يصوم
هو
مفرد
نصوم
نحن
تصومان
أنتما
تصومان
أنتما
تصومان
هما
يصومان
هما
مثنى
تصمن
أنتن
تصومون
أنتم
يصمن
هن
يصومون
هم
جمع

متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أبيع
أنا
تبيعين
أنت
تبيع
أنت
تبيع
هي
يبيع
هو
مفرد
نبيع
نحن
تبيعان
أنتما
تبيعان
أنتما
تبيعان
هما
يبيعان
هما
مثنى
تبعن
أنتن
تبيعون
أنتم
يبعن
هن
يبيعون
هم
جمع

Catatan:
Huruf ‘ilat waw atau ya’ pada fi’il mudhari’ ajwab dihazafkan ketika bersambung dengan nun niswah, seperti pada kata “   يصمن  , تصمن    dan “   يبعن ,  تبعن  “.
f.     Fi’il Mudhari’ bina naqis
متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أدعو
أنا
تدعين
أنت
تدعو
أنت
تدعو
هي
يدعو
هو
مفرد
ندعو
نحن
تدعوان
أنتما
تدعوان
أنتما
تدعوان
هما
يدعوان
هما
مثنى
تدعون
أنتن
تدعون
أنتم
يدعون
هن
يدعون
هم
جمع

متكلم
مخاطبة
مخاطب
غائبة
غائب

أرمي
أنا
ترمين
أنت
ترمي
أنت
ترمي
هي
يرمي
هو
مفرد
نرمي
نحن
ترميان
أنتما
ترميان
أنتما
ترميان
هما
يرميان
هما
مثنى
ترمين
أنتن
ترمون
أنتم
يرمين
هن
يرمون
هم
جمع

Catatan:
Fi’il mudhari’ naqis, dihazafkan huruf ‘ilatnya ketika bersambung dengan waw jama’ah atau ya’ mukhathobah seperti pada kata “يدعون , تدعون “ dan “يرمون , ترمين  “. Jika huruf ‘ilat yang dihazafkan tersebut adalah alif, seperti “   يخشى  -  يخشون  “.
Maka difathahkan huruf sebelum waw.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images