ISIM FA’IL
Mei 04, 2017
اسم
الفاعل
Isim fa’il termasuk salah satu dari isim musytaq. Ia
dibuat dari fi’il bina ma’lum, untuk menunjukkan pelaku perbuatan. Para ahli
mengemukakan defenisi isim fa’il sebagai berikut:
“Isim fa’il adalah sifat
yang terjadi dari fi’il bina ma’lum, yang menunjukkan makna orang yang
melakukan perbuatan dari aspek terjadinya bukan dari aspek tetapnya (sifat
tersebut pada diri pelaku)”.
Dalam bahasa Arabnya sbb:
اسم الفاعل : صفة تؤخذ من الفعل المعلوم ، لتدل على معنى وقع من الموصوف
بها أو قام به على وجه الحدوث لا الثبوت
Seperti kata “ كاتب “ , isim fa’il dari fi’il “ كتب “
yang berarti “ penulis “. Makna penulis dalam konteks ini adalah aspek terjadinya perbuatan “ menulis
“, bukan aspek tetapnya sifat dalam diri pelaku sebagai penulis. Hal
tersebut adalah untuk membedakan isim fa’il dengan sifat musyabbahah
yang menunjukkan sifat yang tetap dalam diri pelaku. Tentang sifat musyabbahah
akan dibahas pada pembahasan yang akan datang.
Wazan-Wazan
isim Fa’il
Isim fa’il dibentuk dari tsulasy mujarrad dan
ghair tsulasy mujarrad:
1. Isim fa’il yang dibentuk dari fi’il
tsulasi mujarrad berwazankan [فاعل].
Contoh: kata “ جَالِسٌ “
adalah isim fa’il dari “ جَلَسَ “
, begitu juga kata “ نَاظِرٌ “ adalah isim fa’il
dari “
نَظَرَ “ .
Apabila ‘ain fi’ilnya telah melalui proses i’lal
maka diganti dengan hamzah.
Contoh:
·
Fi’il “ قَالَ - يَقُوْلُ “ asalnya adalah “
قَوَلَ - يَقْوُلُ “ , maka isim fa’ilnya adalah
“ قَائِلٌ “ .
·
Fi’il “
بَاعَ -
يَبِيْعُ
“ asalnya adalah “
بَيَعَ - يَبِيْعُ “ , maka isim fa’ilnya adalah
“ بَائِعٌ “.
Jika ‘ain
tersebut tidak dii’lal maka isim fa’il tetap seperti adanya.
Contoh:
·
Fi’il “
عَوِرَ –
يـَعْوَرُ “ isim fa’ilnya adalah “ عَاوِرٌ “ .
·
Fi’il “
صَيِدَ –
يـَصْيَدُ “ isim fa’ilnya adalah “ صَايـِدٌ “.
Terkadang isim fa’il datang dengan makna isim maf’ul.
Contohnya seperti firman Allah : “ فَهُوَ فِي عِيْشَةٍ رَاضِيَةٍ “.
Kata “ راضية “ bermakna “
مَرْضِيَّةٌ “
dan “ مرضية “ adalah isim maf’ul.
2. Isim fa’il yang terjadi dari fi’il
mazid tsulasy dan fi’il ruba’i
baik mujarrad maupun mazid berwazankan fi’il mudhari’ ma’lum dengan
mengganti huruf mudhara’ah dengan mim yang berharkat dhammah, dan dikasrahkan
huruf sebelum akhir.
Contoh:
·
Fi’i “
يُكـْرِم “ isim fa’ilnya adalah “
مُكـْرِمٌ “ .
·
Fi’il “ يـُقَـَدِّمُ “ isim fa’ilnya adalah “
مُقـَدِّمٌ “ .
·
Fi’il “
يـَسْتـَغـْفِرُ “ isim fa’ilnya adalah “ مُسْتـَغـْفِرٌ “ .
Adapun fi’il dari wazan “
أَفْعَلَ , اِنْفَعَلَ ,
dan اِفْتَعَلَ “
yang ‘ain fi’ilnya huruf ‘ilat yang telah melalui proses i’lal, maka isim
fa’ilnya mengikuti mudhari’nya yang telah dii’ilal tersebut.
Contoh:
·
“
أَعَانَ “ , mudhari’nya adalah يُعِيْنُ , maka isim fa’ilnya adalah مُعِيْنٌ .
·
اِسْتَعَانَ , mudhari’nya adalah
يَسْتَعِيْنُ , maka isim fa’ilnya adalah مُسْتَعِيْنٌ .
·
اِحْتَالَ , mudhari’nya adalah يَحْتَالُ , isim fa’ilnya adalah مُحْتَالٌ .
Adapun fi’il-fi’il yang tidak melalui proses i’lal maka
pada isim fa’ilnya mengikuti fi’il mudhari’nya yang tidak dii’lal tersebut.
Contoh:
·
fi’il
“أَعْوَلَ “ mudhari’nya adalah
“ يُعْوِلُ “ , maka isim fa’ilnya
adalah “
مُعْوِلٌ “.
·
أَرْوَحَ mudhari’nya yaitu “ يُرْوِحُ “ , maka isim fa’ilnya
adalah “ مُرْوِحٌ “ .
·
أَخْوَلَ mudhari’nya adalah “ يُخْوِلُ “ , maka isim fa’inya adalah “،، مُخْوِلٌ “.
Dengan demikian, maka
isim fa’il dari fi’il-fi’il ghair tsulasy mengikuti fi’il mudhari’nya, baik
shahih maupun mu’tal.
Jika isim fa’il dibangun dari fi’il mu’tal lam
yang sunyi dari “ ال “ dan
idhafah, maka lamnya dihazafkan ketika rafa’ dan jar.
Contohnya:
·هذا رَجـُلٌ دَاعٍ إلى الحقِّ
Kata “ داع “ pada contoh di atas adalah isim fa’il dari
fi’il mu’tal lam ( دعا ) yang
dihazafkan hurufkan huruf ‘ilatnya, karena
tidak menggunakan “ ال “ atau tidak sedang diidhafahkan kepada kata
lain. Kata “ دَاعٍ “ tersebut dalam keadaan rafa’, menjadi sifat
dari kata “ رَجـُلٌ “.
Bandingkan dengan contoh berikut:
·رأيت دَاعِيَ الحقِّ , ketika diidhafahkan
huruf ‘ilatnya tidak dihazafkan.
·رأيت الداعي في المسجد , ketika menggunkan ال huruf ‘ilatnya juga tidak dihazafkan.
Contoh lainnya:
·
تمـَسَّكْ بـِرَجُلٍ هَادٍ إلى الخيرِ
Kata “هَاد “ pada contoh di atas
merupakan isim fa’il dari fi’il “ هدى “,
yang huruf ‘ilatnya dihazafkan karena tidak menggunakan “ ال “ atau tidak sedang
diidhafahkan kepada kata lain. Kata “هَاد “ tersebut dalam keadaan jar sebagai sifat
dari isim majrur.
Amal Isim Fa’il
Isim fa’il
beramal apabila menunjukkan dilakukannya sebuah perbuatan. Dengan
demikian, ia beramal seperti amal fi’ilnya, baik lazim maupun muta’addy, baik
dari isim fa’il yang qiyasiy maupun yang sima’iy.
Ada
dua kondisi dimana isim fa’il tersebut beramal:
1. Ketika isim fa’il menggunakan “ ال “ .
Dalam konteks seperti ini, isim fa’il beramal
tanpa syarat. ً Contoh:
·
الواسعُ خطواتـُه يفوز في السباق
Kata “ الواسع “ pada contoh di atas adalah isim fa’il “. Ia beramal seperti amal fi’ilnya yang
lazim “ وسع “ tanpa syarat, karena ia menggunakan “ ال “. Fa’ilnya adalah “ خطواة “.
·
العادل هو الـمـُعْطِي الحقَ
Kata “ المعطي “ pada contoh di atas adalah isim fa’il. Ia
beramal seperti amal fi’ilnya yang muta’adiy “
أعطى “ tanpa syarat, karena ia menggunakan “ ال “. Fa’ilnya adalah mustatir “ هو “ dan
maf’ulnya adalah “ الحق “ .
2. Ketika isim fa’il tidak menggunakan
“ ال “.
Dalam konteks seperti ini, isim fa’il beramal
dengan dua syarat:
·
Isim
fa’il menunjukkan masa “ حال “ (sekarang) atau “ استقبال “ (akan datang).
·
Isim
fa’il bersandar kepada salah satu dari; “ نفي “ (nafy) , “ استفهام “ (istifham), “ مبتدأ “ (mubtada’), dan “ موصوف “ (maushuf).
ًContoh:
·
ما مـُخفقةٌ جهودُ الشعوبِ
Kata “ مـُخفقةٌ “ adalah isim fa’il. Ia beramal seperti amal
fi’ilnya walaupun tidak menggunakan “ ال “, karena ia
memenuhi dua syarat; pertama, ia memiliki/menunjukkan masa “
استقبال “;
kedua, ia bersandar kepada “ نفي “ yaitu “
ما “. Karena berasal dari fi’il lazim, maka ia
hanya membutuhkan fa’il, yaitu “ جهود “.
·
أ فائقةٌ منسوجاتـُنا منسوجات العدو
Kata “ فائقةٌ “ adalah isim fa’il. Ia beramal seperti amal
fi’ilnya walaupun tidak menggunakan “ ال “, karena ia memenuhi dua syarat; pertama, ia
memiliki/menunjukkan masa “ استقبال “; kedua, ia bersandar kepada “استفهام “ yaitu “
أ “. Karena berasal dari fi’il muta’addy, maka ia membutuhkan fa’il , yaitu “ُمنسوجاتـُـ “ dan maf’ul bih , yaitu “ منسوجاتِ “.
·
المنافق خائن الأمانة
Kata “ٌ خائن “ adalah isim fa’il. Ia beramal seperti amal
fi’ilnya walaupun tidak menggunakan “ ال “, karena ia memenuhi dua syarat; pertama,
ia memiliki/menunjukkan masa “ حال “; kedua, ia bersandar kepada “ مبتدأ “ yaitu “
المنافق “. Karena berasal dari fi’il muta’addy, maka ia membutuhkan fa’il ,
yaitu mustatir “ هو “ dan maf’ul bih , yaitu ِ" الأمانة " .
·
رأيت بحرا هادرا موجه
Kata “ٌ هادرا “ adalah
isim fa’il. Ia beramal seperti amal fi’ilnya walaupun tidak menggunakan “ ال “, karena ia memenuhi dua syarat; pertama,
ia memiliki/menunjukkan masa “ حال “; kedua, ia bersandar kepada “ موصوف “ yaitu
“ بحرا “. Karena berasal dari fi’il lazim, maka ia hanya membutuhkan fa’il saja ,
yaitu “
موجُ “.
Dengan demikian, isim fa’il yang beramal seperti
amal fi’il tidak berlaku ketika ia diidhafahkan kepada fa’ilnya mapun kepada
maf’ulnya.
0 komentar