MASDAR
Mei 03, 2017
الْمَصْدَرُ
DEFENISI MASDAR
Secara bahasa, masdar berarti sumber atau asal.
Karena, menurut sebagian ulama nahwu masdar merupakan asal isim-isim musytaq; Fi’il madhi terjadi dari masdar. Madhi mazid
berasaal dari mujarradnya. Mudhari’ berasal dari madhi, dan majhulnya berasal
dari ma’lumnya. Seluruh isim musytaq berasal dari mudhari’ ma’lum kecuali isim
maf’ul, karena ia berasal dari fi’il mudhari’ majhul. Adapun masdar di atas
tsulasi, ia berasal dari fi’il madhi secara lafzhi tetapi maknanya berasal dari
masdar tsulasi.
Adapun secara istilah, yang dimaksud dengan masdar adalah
isim ma’na yang mengandung makna
perbuatan yang tidak memiliki masa, tempat, dan zat. Dalam defenisi Arabnya kira-kira seperti berikut:
المصدر هو ما دل على معنى او حدث مجرد
من الزمان والمكان و الذات
Contoh:
·
أَحْمَدُ
يَقْرَأُ اْلقُرْآنَ , قِرَاءَتُهُ جَيِّدَةٌ
Artinya: “ Ahmad sedang membaca Al-Quran,
bacaannya bagus.
Kata “ قراءة “ (bacaan)
merupakan masdar, mengandung makna perbuatan (membaca), namun (1) tidak memiliki
masa (telah atau sedang) terjadinya perbuatan tersebut; (2) tidak menunjukkan
tempat terjadinya perbuatan; dan (3) tidak memiliki zat, tidak berbentuk, atau
sifatnya abstrak.
Sebagaimana dijelaskan bahwa masdar disebut juga isim
makna ( اسم
المعنى
) yaitu isim yang menunjukkan makna yang sunyi dari zaman/waktu
(terjadinya perbuatan). Itulah yang
membedakannya dengan fi’il; fi’il mengandung dua hal, yaitu perbuatan dan waktu
terjadinya perbuatan . Di dalam bahasa Indonesia disebut dengan kata benda
abstrak, seperti kata “ bacaan ( قِرَاءَةٌ ) dan pertolongan (
نَصْرٌ ).
Demikian juga, bahwa dalam bahasa Indonesia
masdar juga bisa diartikan dengan arti kata kerjanya. Seperti:
·
يَجِبُ
عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ قِرَاءَةُ اْلقُرْآنِ
Artinya : Setiap Muslim harus membaca al-Quran.
Kata “ قراءة “ diartikan dengan
makna “ membaca “.
MACAM-MACAM MASDAR
Ada enam bentuk macam masdar, yaitu:
(1) Masdar
asli ( المصدر
الأصلي ),
(2) Masdar ta’kid (مصدر
التأكيد), (3) Masdar marrah (
مصدر المرة
), (4) Masdar nau’ (مصدر
النوع ), (5) Masdar mimi ( المصدر
الميمي ), (6) Masdar sina’i (
المصدرالصناعي
).
Berikut
ini penjelasannya :
1. Masdar asli
Masdar asli adalah masdar yang hakiki , tidak dimulai dengan mim zaidah, di akhirnya
tidak ada ya musyaddadah yang setelahnya ta’ marbuthah, contoh:
·
عِلْمٌ
, عَدْلٌ , جُلُوْسٌ .
Termasuk ke dalam masdar ashly yaitu; masdar
yang menunjukkan bilangan perbuatan yang dilakukan, dan dikenal dengan istilah
isim marrah (اسم
المرة); masdar yang
menunjukkan bagaimana cara terjadinya
perbuatan yang disebut dengan masdar nau’ (مصدر
النوع).
2. Masdar ta’kid
Yaitu masdar yang berfungsi sebagai taukid
(penguat) perbuatan yang dilakukan, contoh :
·
أَكْرَمْتُ
اْلأًسْتَاذَ اِكْرَامًا
saya sangat menghormati ustaz itu.
·
ضَرَبَ
الرِجَالُ الِلصَ ضَرْبًا Laki-laki
itu betul-betul telah memukul pencuri itu.
Adapun struktur masdar ta’kid ini sebagaimana
adanya (masdar asli), hanya saja masdar tersebut difungsikan sebagai ta’kid.
3. Masdar marrah
Yaitu masdar yang berfungsi menjelaskan jumlah
perbuatan yang dilakukan. Oleh karena itu disebut juga dengan masdar ‘adad (مصدر
العدد ). Contoh :
·
طَوَفْتُهُ
تَطْوِيْفَةً وَاحِدَةً saya mengitarinya satu kali putaran
·
ضَرَبَ
الرَجُلُ كَلْبَهُ ضَرْبَةً Lelaki
itu memukul anjingnya satu kali
Masdar marrah terbentuk dari fi’il madhi tsulasy
ma’lum dan ghair tsulasy; pertama,
dibentuk dengan wazan “ فَـَعْلـَة “ dengan menambahkan ta’ di akhirnya.
Seperti fi’il “ ضَـَرَبَ “ maka masdar marrahnya adalah “ ضـَرْبـَة “, dan fi’il “ سَعَى “ masdar marrahnya adalah “ سـَعْيـَة “. Kedua, masdar
marrah dibentuk dari fi’il ghair tsulasi dengan wazan masdar fi’ilnya, dengan
menambahkan ta’ di akhirnya. Seperti fi’il “
كـَبَّرَ “ masdar aslinya adalah “ تـَكـْبِيْراً
“ maka marrahnya adalah “تـَكـْبـِيْرَة “.
Apabila masdar asli
berakhir dengan ta’ pada asalnya, agar menunjukkan marrah, maka harus disifati
dengan kata “ وَاحِدَة “. Seperti fi’il “ رَحِمَ “ masdar aslinya adalah “ رَحـْمَة “ maka masdar
marrahnya adalah “ رَحـْمَة وَاحِدَة “.
4. Masdar nau’
Disebut juga dengan masdar hai’ah (
الهيئة
اسم) yaitu masdar
yang berfungsi menjelaskan bentuk perbuatan dan sifatnya ketika terjadinya
perbuatan tersebut.
Contoh :
·
نَظَرْتُ
اِلَيْهِ نِظْرَةَ اْلمَحَب Saya melihatnya dengan pandangan cinta
·
جَلَسَ
مَحمود جٍلْسَةَ الْغَنِي
Mahmud duduk seperti duduk orang kaya
Masdar yang mengandung ma’na hai’ah haruslah
dengan qarinah, baik dengan sifat atau diidhafahkan. Seperti pada contoh
di atas, maka kata “اْلمَحَب “ dan
“ الْغَنِي “ adalah qarinahnya.
Isim hai’ah terjadi dari fi’il madhi tsulasy dan
ghair tsulasy:
·
Isim
hai’ah yang terbentuk dari fi’il madhi ma’lum berwazankan “ فـِعْلـَةٌ “ (dengan
mengkasrahkan awalnya dan menambahkan ta’ diakhirnya). Seperti fi’il “ جَلَـَسَ “ isim hai’ahnya menjadi
“ جِلـْسَة “.
·
Isim
hai’ah dari ghair tsulasi yang dibentuk
dari fi’il madhi ma’lum berwazankan masdar fi’ilnya, dan diakhiri dengan
ta’. Seperti fi’il “ اِنـْطـَلـَق “
maka isim hai’ahnya adalah “ اِنـْطِلَاقَـَة “.
Apabila masdar asli berakhir dengan huruf ta’
pada asalnya, baik tsulasy maupun ghair tsulasy, maka ia sebagaimana adanya
dengan diiringi oleh sifat atau diidhafahkan. Seperti fi’il “ سَاهَمَ “ masdar aslinya adalah
“ مُسَاهَمَة “. Maka ia akan menjadi masdar hai’ah ketika diiringkan dengan
sifat, seperti “ مُسَاهَمَة
طَـَيِّبَة “
atau diidhafahkan, seperti “ مُسَاهـَمَة
الأشْرَافِ “. Hal tersebut adalah untuk membedakannya dengan
masdar asli.
5. Masdar Mimi
yaitu
masdar yang dibentuk dari fi’il, yang dimulai dengan mim zaidah dengan
ketentuan sebagai berikut:
·Apabila
fi’ilnya tsulasy dari fi’il bina mitsal yang dihazafkan fa’ fi’ilnya pada fi’il
mudhari’, seperti pada kata “ وَعَدَ
- يَعِدُ “
dan “
وَقـَعَ – يـَقـَعُ “,
maka masdar mimynya dengan wazan “ مَفـْعـِلٌ “ . Dengan demikian,
masdar mimy dari ““ وعد
- يعد “
dan “ وقع
- يقع “ adalah “
مَوْعِدٌ
dan مَوْقـِعٌ “ .
Selain ketentuan di atas, maka masdar mimy dari
fi’il tsulasy adalah atas wazan “ مَفـْعَلٌ “, Seperti pada fi’il
“ ضرب “
dan “ نصر “ maka masdar mimynya adalah “ مَضْـْرَب dan مَنـْصَر “ . Namun, terkadang masdar mimy
tersebut ditambah ta’ marbuthah di akhirnya, seperti “ مَحَبَّة
، مَعْلـَمَة ، مَنـْفـَرَة “.
6. Masdar sina’i
Yaitu masdar yang diakhirnya ditambah dua hal; pertama,
ya al-musyaddadah; kedua, setelahnya ditambah ta’ marbuthah. Gunanya
adalah untuk merubahnya dari makna aslinya menjadi sifat. Contoh:
Kata إِنْسَانٌ
artinya manusia, menjadi إِنْسَانِيَة
artinya menjadi kemanusiaan.
Kata وَطَنٌ
artinya Negara, menjadi وَطَنِيَةٌ
artinya menjadi kenegaraan.
Masdar shina’i bisa dibentuk dari :
1. isim jamid
Contoh: kata “ حجر “
menjadi “ حجرية “ dan “ ثلج “ menjadi “ ثلجية “
2.
masdar seperti kata “ همج “ menjadi “ همجية “
dan “ وحش “
menjadi “ وحشية “isim
musytaq seperti kata “ عالم “
menjadi “ عالمية
“ dan “ منصور “
menjadi “ منصورية “.
WAZAN-WAZAN
MASDAR
1. Wazan Masdar Tsulasi
Masdar tsulasi banyak sekali dan beragam. Untuk
mengetahuinya haruslah merujuk ke kitab-kitab berbahasa Arab atau ke
kamus-kamus bahasa Arab. Tetapi kebanyakan dapat diketahui dari
ketentuan-ketentuan berikut:
a.
Apabila
fi’il madhinya sulasi muta’addy yang tidak menunjukkan makna صناعة
(
membuat ) maka masdarnya dengan wazan فَعْلٌ
.
Contonya :
Kata “ أَخَذَ
“ (mengambil) maka
masdarnya أَخْذًا
, فَتَحَ (membuka) maka masdarnya فَتْحًا , سَمِعَ
(mendengar) maka masdarnya سَمْعًا , dan seterusnya.
b.
Jika ia menunjukkan صناعة (membuat) maka masdarnya biasanya dengan wazan
فِعَالَة .
Contohnya:
Kata “حَاكَ “ (menenun) maka masdarnya حِيَاكَة , خَاطَ ( menjahit ) masdarnya خِيَاطَة , صَاغَ ( membentuk ) masdarnya صِيَاغَة
, dan seterusnya.
c.
Apabila fi’il madhinya tsulasi lazim yang ‘ain fi’ilnya kasrah dan maknanya
tidak menunjukkan لَوْنُ (warna), مُعَالَجَة ( berobat ) , atau makna yang tetap maka
masdarnya adalah dengan wazan فَعَلٌ .
Contohnya:
Kata “ تَعِبَ “ (letih) masdarnya تَعَبًا , جَزِعَ ( bersedih ) masdarnya جَزَعًا , أَسِفَ ( berduka cita ) masdarnya أَسَفًا , dan lain-lain.
d.
Jika ia menunjukkan maknaلون (warna) maka biasanya masdar dengan wazan فُعْلَة
.
Contohnya:
Kata “ سَمِرَ “ ( coklat ) masdarnya سُمْرَة , “ خَضِرَ “ (Hijau) masdarnya خًضْرَةٌ .
e. Jika ia menunjukkan مُعَالَجَة
( )
maka masdarnya dengan wazan فُعُوْل .
Contoh:
Kata “ قَدِمَ “ (datang)
masdarnya قُدُوْمًا
, صَعِدَ (naik) صُعُوْدًا masdarnya , لَصٍقَ ( melekat
) masdarnya لُصُوْقًا , dan sebagainya.
f. Jika ia menunjukkan makna yang tetap
maka masdar qiyasinya adalah dengan فَعُوْلَة .
Contohnya: يَبِسَ ( Kering ) masdarnya يُبُوْسًا .
g.
Apabila
fi’il madhi tsulasi lazim yang ‘ain fi’ilnya fathah, terjadi dari fi’il shahih,
tidak menunjukkan اباء و امتناع (enggan dan larangan),
tidak menunjukkan اهْتٍزَاز ( berguncang
), تَنَقًل (berpindah ), حَرَكَة
مُتَقَلِبَة
(harkat berubah-rubah), مَرَض (sakit), سَيْر (jalan), صَوْت (suara), او وِلَاَية حِرْفَة
, maka masdarnya adalah dengan wazan فُعُوْلٌ
.
Contoh:
Kata قَعَدَ (duduk) masdarnya قُعُوْد , سجد (sujud) masdarnya سُجُوْدًا , رَكَعَ (ruku’) masdarnya رُكُوْعًا , خَضَعَ (tunduk) masdarnya خُضُوْعًا , dan seterusnya.
h.
Jika
fi’ilnya mu’tal ‘ain maka biasanya masdarnya dengan wazan فَعْل .
Contoh:
Kata نام (tidur) masdarnya نوم , صام (puasa) masdarnya صوم
Di bawah ini, dikemukakan
berbagai contoh masdar dari fi’il tsulasy dari berbagai aspeknya.
·
Masdar
fi’il tsulasy ditinjau dari segi dalalah-nya:
Fi’il
Madhi
|
Fi’il
Mudhari’
|
Masdarnya
|
Maknanya
|
Wazannya
|
Dalalahnya
|
زَرَعَ
|
يَزْرَعُ
|
زِرَاعَة
|
pertanian
|
فِعَالَة
|
حِرْفَة
|
نَبَحَ
|
يَنْبَحُ
|
نُبَاحٌ
|
gonggongan
|
فُعَال
|
صَوْتٌ
|
صَهَلَ
|
يَصْهَلُ
|
صَهِيْلٌ
|
Ringkikan
|
فَعِيْلٌ
|
صوت
|
زُكِم
|
يُزْكَمُ
|
زُكَامٌ
|
pilek
|
فُعَالٌ
|
مرض
|
جَمَحَ
|
يَجْمَحُ
|
جِمَاحٌ
|
Mogok
|
فِعَالٌ
|
امتناع
|
غَلىَ
|
يَغْلِى
|
غَلْيَانًا
|
Mendidih
|
فَعْلَانٌ
|
اضطراب
|
حَمُرَ
|
يَحْمُرُ
|
حُمْرَةٌ
|
Merah
|
فُعْلَةٌ
|
لون
|
رَحَلَ
|
يَرْحَلُ
|
رَحِيْلٌ
|
keberangkatan
|
فَعِيْلٌ
|
سير
|
·
Masdar
fi’il tsulasy ditinjau dari segi lazim dan muta’addy-nya
Madhi
|
Mudhari’
|
Masdar
|
Makna
|
Wazan
|
Lazim/
Muta’addy
|
سَهُلَ
|
يَسْهُلُ
|
سُهُوْلَة
|
Mudah
|
فُعُوْلَة
|
لازم
|
فَصُحَ
|
يَفْصُحُ
|
فَصَاحَة
|
Fasih
|
فَعَالَة
|
لازم
|
كرُم
|
يَكْرُم
|
كَرَمٌ
|
Mulia
|
فَعَلٌ
|
لازم
|
فَرِحَ
|
يَفْرَح
|
فَرَحٌ
|
Gembira
|
فَعَلٌ
|
لازم
|
قَعَدَ
|
يَقْعُد
|
قُعُوْدٌ
|
Duduk
|
فُعُوْلٌ
|
لازم
|
كَسِبَ
|
يَكْسَبُ
|
كَسْبٌ
|
Usaha
|
فَعْلٌ
|
متعد
|
فَهِم
|
يَفْهَمُ
|
فَهْمٌ
|
Paham
|
فَعْلٌ
|
متعد
|
·
Masdar
fi’il tsulasy yang sifatnya sima’iy
Fi’il
|
Masdar
|
Arti
|
Fi’il
|
masdar
|
Arti
|
شَرِب
|
شُرْبٌ
|
Minuman
|
زَهَدَ
|
زَهَادَة
|
kesungguhan
|
نَشَدَ
|
نِشْدَةٌ
|
Nyanyian
|
كرِهَ
|
كَرَاهِيَةٌ
|
kebencian
|
ذَكَـَرَ
|
ذِكْرَى
|
Peringatan
|
وَجَف
|
وَجِيْف
|
Bergoyang
|
غَفَرَ
|
غُفْرَانٌ
|
Ampunan
|
بَانَ
|
بَيْنُوْنَة
|
perantara
|
صَغُـُرَ
|
صِغَـَر
|
Kecil
|
كَـَـرَّ
|
تِكْـْرَارٌ
|
pengulangan
|
سَرَقَ
|
سَرِقَـَة
|
Curian
|
جَبَرَ
|
جَبَرُوْت
|
kekuasaan
|
سَألَ
|
سُؤَالٌ
|
Pertanyaan
|
رَحِمَ
|
رَحْمَةٌ
|
rahmat
|
بَغَـَى
|
بُغَـَايَةٌ
|
durhaka
|
دَعَا
|
دَعْوَةٌ
|
Panggilan
|
دَخَلَ
|
دُخُوْلٌ
|
Masuk
|
ذَابَ
|
ذَوَبَانٌ
|
meleleh
|
ضَـرَّ
|
ضَـرُوْرَة
|
bahaya
|
كـَذَبَ
|
كـَذِبٌ
|
Dusta
|
بَشَرَ
|
بُشْرَى
|
Kabar
gembira
|
غَـَلَـَبَ
|
غَـَلَـَبَة
|
mengatasi
|
مَسَّ
|
مَسِيْسٌ
|
sentuhan
|
صَرَفَ
|
صِرَافٌ
|
membelanjakan
|
قـَتـَل
|
قـَتـْلٌ
|
Peperangan
|
دَرَى
|
دِرَايَة
|
mengetahui
|
كـَدُرَ
|
كـُدْرَةٌ
|
Keruh
|
قـَبـِلَ
|
قُـَبُوْل
|
penerimaan
|
حَرَمَ
|
حِرْمَان
|
Keharaman
|
صَهُبَ
|
صُهُوْبٌ
|
pirang
|
طـَلَـَبَ
|
طـَلـَبٌ
|
tuntutan
|
ساد
|
سُوْدَدٌ
|
|
هَدَى
|
هُدَى
|
petunjuk
|
بان
|
تِبْيَانٌ
|
penjelasan
|
2. Wazan Masdar Ghair Tsulasy
a. Masdar Fi’il Ruba’i
Masdar-masdar fi’il ruba’iy sifat qiyasiy, antara
satu dengan yang lain berbeda sesuai dengan bentuk fi’ilnya.
·
Apabila
fi’ilnya berwazan أفعل maka masdarnya berwazan إفعال .
Contoh:
أكرم masdarnya إكرام
أدخلMasdarnya إدخال
أخرج Masdarnya
إخراج
·
Jika
fa’ fi’ilnya waw maka wawnya diganti dengan ya’ ketika masdar.
Contoh:
أوضح masdarnya إيضاح
أوعد Masdarnya إيعاد
أورد Masdarnya
إيراد
·
Jika
fi’ilnya mu’tal ‘ain maka masdarnya dengan mengkasrahkan awal dan menambahkan
ta’ marbuthah di akhirnya.
Contoh:
أعاد Masdarnya
إعادة
أقام Masdarnya إقامة
أناب Masdarnya إنابة
·
Apabila fi’ilnya berwazankan فَعَّلَ maka masdarnya berwazankan تـَفْعـِيْلٌ .
Contoh:
حَسَّنَMasdarnya تَحْسِيْنٌ
نـَبَّهَ Masdarnya
تـَنـْبـِيْهٌ
جَرَّدَ Masdarnya
تَجْرِيْدٌ
·
Jika fi’ilnya mu’tal akhir/mu’tal lam maka masdarnya
berwazankan تـَفـْعِلـَةٌ .
Contoh:
رَبَّى Masdarnya
تَرْبَـِيَة
قَوَّى Masdarnya
تـَقْوِيَة
زَكـَّى Masdarnya
تَزْكَـِيَة
·
Jika fi’ilnya mahmuz akhir (akhir fi’il hamzah) maka
masdarnya berwazankan تـَفـْعـِيْل atau تـَفـْعِلـَة .
Contoh:
خَطّـَّأ Masdarnya
تخطيأ atau تخطئة
جَزَّأ Masdarnya تجزيئ atau تجزئة
·
Apabila fi’ilnya berwazankan “ فَـَاعـَلَ “ maka
masdarnya berwazankan “ فِعَال “ atau
“ مُفـَاعَلـَة “ .
Contoh:
قـَاتـَل Masdarnya
قـِتَـَالٌ atau مُقـاتـَل
حَاسَبَ Masdarnya
حِسَابٌ atau مُحَاسَبَة
·
Apabila fi’ilnya berwazankan “ فـَعْلـَلَ “ maka
masdarnya berwazankan فـَعْلـَلـَة atau فِعْلَالٌ .
Contoh:
زَخْرَفَ Masdarnya
زِخْرَافٌ
atau زَخْرَفـَة
زلزل Masdarnya
زِلـْزَال
atau زَلـْزَلـَة
b. Masdar fi’il
khumasy dan sudasy
Sifat masdar khumasy dan
sudasy adalah qiyasiyah. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, yaitu:
·
Apabila fi’il khumasy dan sudasy dimulai dengan hamzah
washal maka masdarnya berwazankan fi’il madhinya dengan mengkasrahkan huruf
ketiga dan menambahkan alif sebelum akhir.
Seperti: fi’il “ اِجْتـَمَعَ “ maka masdarnya “ اِجْتِمَاعٌ “ dan “
اِسْتـَقـْبَلَ “ maka
masdarnya “ اِسْتـِقـْبَال “ .
·
Apabila fi’il khumasy dan sudasy tersebut dimulai
dengan ta’ tambahan maka masdarnya berwazankan fi’il madhinya dengan
mendhammahkan huruf sebelum akhir.
Seperti fi’il “ تـَقَـَدَّم “ masdarnya “ تـَقـَدُّمٌ “ dan “
تـَدَخْرَجَ “ masdarnya “
تـَدَخْرُجٌ “.
8 komentar
Assalamualaikum ww. Ust.mhn izin mempelajari pelajaran B. Arab dari blog ini dan mohon izin juga untuk copas beberapa materi untuk sy print, sebagai alat penghapalan. Semoga Kasih Sayang Allah Swt tercurah kepada ust. dan ust dikaruniakan sehat dan panjang umur agar tetap bisa berbagi ilmu ini.
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusMinta izin mempelajari blog ini
Nak tanya kalo masdar bagi ذهب & فرغ apa ye?
BalasHapusMasdar lafadz زكى apa yaa?
BalasHapusKalau Masdar dari احترق dan عرض apa ya?
BalasHapusKalau Masdar dari طبخ apa ya?
BalasHapusالبخ
Hapusالطبخ
Hapus