MUBTADA' DAN KHABAR

Mei 03, 2017




MUBTADA’ DAN KHABAR
المبتدأ و الخبر
Mubtada’ dan Khabar termasuk bagian dari isim-isim marfu’. Keduanya termasuk pada pembahasan jumlah ismiyah. Dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan bahwa mubtada’ itu adalah subjek, dan khabar adalah prediket.
Pada sebagian kitab-kitab Nahwu, mubtada’ itu didefenisikan dengan: “ Isim marfu’ yang terletak di awal kalimat. Adapun Khabar adalah kata dan atau kalimat yang menyempurnakan makna mubtada. Tanpa khabar, sebuah kalimat tidak akan sempurna. Contohnya:  الطَالِبُ مُجْتَهِدٌ    , artinya: Siswa itu rajin.
Pada contoh di atas, kata “  الطَالِبُ  “ berfungsi sebagai mubtada (subjek) dengan dua alasannya:
1.      Kata “  الطَالِبُ  “ adalah isim marfu’ . Hal itu bisa dilihat dari baris huruf akhirnya yang berbaris dhammah,  dan dhammah merupakan salah satu tanda rafa’.
Untuk lebih pahamnya, silakan baca “ Tanda-tanda I’rab “.
2.      Kata “  الطَالِبُ  “ terletak di awal kalimat.
 Adapun kata “  مُجْتَهِدٌ  “ berfungsi sebagai Khabar (prediket), karena ia lah yang menyempurnakan makna kata “  الطَالِبُ  “. Tanpa kata “  مُجْتَهِدٌ  “ kalimatnya tidak sempurna.
Bentuk-bentuk Mubtada’
Untuk memahami mubtada’ lebih mendalam lagi, berikuti ini saya kemukakan beberapa contoh lagi:
1.    أَنَا مُدَرِّسٌ , artinya Saya (seorang) guru.
Kata “  أَنَا   “ jabatannya sebagai mubtada’ (subjek). Karena ia terletak di awal kalimat. Namun tanda rafa’nya tidak ada karena kata “  أَنَا   “ merupakan salah-satu bentuk isim dhamir, dan isim dhamir termasuk isim mabni.
Adapun kata “  مُدَرِّسٌ  “ adalah sebagai Khabar.
2.    ذلِكَ كِتَابٌ , artinya “ itu (sebuah) kitab “.
Kata “  ذلِكَ   “ jabatannya sebagai mubtada’ karena terletak di awal kalimat, namun tidak memiliki tanda rafa’ . Kata “  ذلِكَ   “ adalah salah satu isim isyarah yang mabni.
Adapun kata “  كِتَابٌ  “ adalah sebagai khabar.
3.      اَّلذِي يَجْتَهِدُ فِي تَعَلُّمِهِ نَاجِحٌ فِي اِمْتِحَانِهِ , artinya “ (orang) yang rajin dalam belajarnya lulus dalam ujiannya.
Kata “  اَّلذِي  “ jabatannya sebagai mubtada’ karena terletak di awal kalimat. Namun tanda rafa’nya tidak ada, karena ia adalah salah satu isim maushul yang mabni.
Adapun kata “  نَاجِحٌ   “ adalah sebagai khabarnya, karena ia lah yang menyempurnakan makna mubtada.
4.      مَنْ يَتَعَلَّمْ يَنْجَحْ , artinya “ Barang siapa (yang) belajar (pasti) lulus.
Kata “  مَنْ   “ adalah isim syarat , hukumnya mabni. Terletak di awal kalimat maka jabatannya sebagai mubtada’. Adapun sebagai khabarnya adalah kata”  يَنْجَحْ  “.
5.      أَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ  , artinya “ Berpuasa (itu) lebih baik bagimu “.
Susuna أَنْ  + فعل   disebut sebagai masdar muawwal ( مصدر مؤول  ). Ketika berada di awal kalimat maka jabatannya adalah sebagai mubtada’. Maka “  أَنْ تَصُوْمُوْا  “ dalam contoh di atas adalah sebagai mubtada’.
Adapun sebagai khabarnya adalah kata “  خَيْرٌ  “ .
Dari lima contoh di atas dapat disimpulkan; ketika mubtada berasal dari isim mabni maka tanda rafa’nya tidak ada. Oleh karena itu rafa’nya disebut rafa’ mahallan (  في محل رفع  ). Pembahasan tentang ini bisa tulisan saya tentang Pembagian Jumlah.
Bentuk-bentuk Khabar
Sebagaimana mubtada’, khabar juga memiliki beberapa bentuk, yaitu  ada tiga bentuk:
1.       Jumlah (  جملة  ), baik jumlah ismiyah maupun jumlah fi’liyah. Contoh:
a.       مَحْمُوْدٌ أَبُوْهُ مُعَلِّمٌ , artinya “ Mahmud bapaknya (seorang) guru
Pada contoh di atas kata “  مَحْمُوْدٌ  “ posisinya sebagai mubtada’.
Khabarnya adalah   أَبُوْهُ مُعَلِّم .  أَبُوْهُ مُعَلِّم (bapaknya seorang guru) merupakan jumlah ismiyah. Kalau begitu, ia terdiri dari mubtada’ dan khabar; أَبُوْهُ sebagai mubtada’ dan مُعَلِّم sebagai khabar.
b.      اْلمُسْلِمُوْنَ يُصَلُّوْنَ فِي المَسْجِدِ , artinya Orang-orang Islam sholat di mesjid.
Kata “   اْلمُسْلِمُوْنَ   “ adalah mubtada’.
Adapun khabarnya yaitu “   يُصَلُّوْنَ    “. Kata “  يُصَلُّوْنَ “ adalah jumlah fi’liyah (فعل  + فاعل ); يصلي  adalah fi’il , dan fa’ilnya adalah waw jama’ah (  واو الجماعة  ) .
Sedangkan “   فِي المَسْجِد    “ adalah sebagai keterangan (  جر و مجرور   ).

2.       Menyerupai Jumlah (  شِبْهُ اْلجُمْلَةِ  )
Yang dinamakan  شِبْهُ اْلجُمْلَةِ  adalah:
a.       جر و مجرور
Contoh: التَّلَامِيْذُ فِي اْلفَصْلِ  
Pada contoh di atas, kata “  التَّلَامِيْذِ     adalah mubtada’, dan “   فِي اْلفَصْلِ   “ adalah sebagai khabar.  فِي اْلفَصْلِ  terdiri dari جر (  فِي  ) +   مجرور  (  اْلفَصْلِ  ).

b.      ظَرْفٌ وَ مُضَافٌ إِلَيْهِ
Contoh: الّسَّمَاءُ فَوْقَ الأَرْضِ
Pada contoh di atas kata “  الّسَّمَاءُ   “ adalah mubtada’.
Adapun sebagai khabarnya adalah فَوْقَ الأَرْضِ . فَوْقَ الأَرْضِ     terdiri dari “  فَوْقَ  “ (  ظرف   ) dan الأَرْضِ (  مُضَافٌ إِلَيْهِ   ).

3.       Khabar Mufrad (  خَبْرُ اْلمُفْرَدِ   )
Maksudnya adalah khabar yang bukan berupa jumlah dan bukan pula syibhul jumlah, atau bukan dua bentuk di atas.
Contoh: اْلبَيْتُ جَمِيْلٌ
 اْلبَيْتُ adalah mubtada’.
جَمِيْلٌ  adalah khabar. Kata “   جَمِيْلٌ  “ bukan berupa jumlah dan bukan pula syibh al-jumlah. Khabar dalam bentuk ini disebut mufrad.
               
Mubtada’ Nakirah
Asalnya mubtada’ itu harus ma’rifah, tetapi adakalanya mubtada itu nakirah pada beberapa keadaan:
1.       Apabila mubtada’ disifati
Contoh: رَجُلٌ كَرِيْمٌ مَعَنَا
Pada contoh di atas, kata “   رَجُلٌ   “ berada pada posisi mubtada’, bentuknya boleh dalam keadaan nakirah karena ia disifati dengan kata “   كَرِيْمٌ  “ . Jika kata     كَرِيْمٌ  “ dihilangkan maka kata “   رَجُلٌ   “ harus dima’rifahkan menjadi   الرَجُلُ     .
Adapun “  مَعَنَا   “ berposisi sebagai khabar.
2.       Apabila mubtada’ diidhafahkan kepada isim nakirah.
Contoh: كَاتِبُ كِتَابٍ نَاجِحٌ
Kata “  كَاتِبُ  “ adalah mubtada, keadaannya boleh nakirah karena ia diidhafahkan kepada isim nakirah yaitu “  كِتَابٍ  “ .
Adapun kata “   نَاجِحٌ  “ adalah sebagai khabarnya.
3.       Apabila mubtada itu didahului oleh nafyi
Contoh: مَا ظَالِمٌ حَسَنٌ
Pada contoh di atas, kata “   ظَالِمٌ   “ berposisi sebagai mubtada’. Kedaannya boleh nakirah karena ia didahului oleh nafy yaitu “   ما   “ .
Adapun kata “  حَسَنٌ   “ berposisi sebagai khabar.
4.       Apabila mubtada’ didahului oleh isim istifham
Contoh: هَلْ مُدَرِّسٌ فِي اْلِإدَارَةِ
Kata “   مُدَرِّسٌ    “ pada contoh di atas adalah sebagai mubtada. Kondisinya boleh nakirah karena didahului oleh isim istifham, yaitu “  هَلْ  “.
Adapun khabarnya dari syibh al-jumlah  (   فِي اْلِإدَارَةِ   ).


Mendahulukan Khabar dari Mubtada’

Asalnya mubtada’ letaknya di awal, diikuti kemudian oleh khabar. Namun adakalanya khabar harus didahulukan dari mubtada’, yang kita sebut dengan khabar muqaddam (  خبر مقدم  ). ada beberapa tempat di mana khabar harus didahulukan dari mubtada’.
1.       Apabila khabar berasal dari syibh al-jumlah dan mubtada’ nakirah yang tidak disifati dan tidak pula diidhafahkan.
Contoh: فِي اْلبُسْتَانِ فَلَّاحٌ
فِي اْلبُسْتَانِ pada contoh di atas adalah syibh al-jumlah (jar + majrur). Posisinya sebagai khabar (khabar muqaddam), sedangkan فَلَّاحٌ  adalah mubtada’ (mubtada’ muakhar).  Dalam konteks ini, khabar harus di dahulukan, karena:
a.       Khabar syibh al-jumlah
b.      Mubtada tidak lagi disifati (tidak memiliki sifat).
c.       Mubtada’ tidak lagi diidhafahkan kepada kata lain.
2.       Apabila khabar merupakan lafaz-lafaz yang biasanya letaknya di awal, seperti isim istifham ( اسم استفهام   ).
Contoh: أَيْنَ اْلمَسْجِدُ ؟  
أيْن  adalah isim istifham. Dalam contoh tersebut “  أيْن  “ adalah khabar, dan  اْلمَسْجِدُ  adalah mubtadanya.
3.       Apabila mubtada bersambung dengan dhamir yang kembali ke khabar.
Contoh: لِلنَّجَاحِ وَقْتُهُ
وَقْتُ  adalah mubtada, yang bersambung dengan dhamir (هُ ), yang kembali ke “  لِلنَّجَاحِ   “ , sebagai khabarnya. Itulah sebabnya khabar harus didahulukan dari mubtada’nya.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images