MUBTADA' DAN KHABAR
Mei 03, 2017
MUBTADA’ DAN KHABAR
المبتدأ و الخبر
Mubtada’ dan Khabar termasuk bagian dari
isim-isim marfu’. Keduanya termasuk pada pembahasan jumlah ismiyah. Dalam
bahasa Indonesia bisa dikatakan bahwa mubtada’ itu adalah subjek, dan khabar
adalah prediket.
Pada sebagian kitab-kitab Nahwu, mubtada’ itu
didefenisikan dengan: “ Isim marfu’ yang terletak di awal kalimat. Adapun
Khabar adalah kata dan atau kalimat yang menyempurnakan makna mubtada. Tanpa
khabar, sebuah kalimat tidak akan sempurna. Contohnya: الطَالِبُ
مُجْتَهِدٌ , artinya: Siswa itu rajin.
Pada contoh di atas, kata “ الطَالِبُ “ berfungsi sebagai mubtada (subjek) dengan
dua alasannya:
1. Kata
“ الطَالِبُ “ adalah isim marfu’ . Hal itu bisa dilihat
dari baris huruf akhirnya yang berbaris dhammah, dan dhammah merupakan salah satu tanda rafa’.
Untuk lebih pahamnya, silakan baca “ Tanda-tanda I’rab “.
2. Kata
“ الطَالِبُ “ terletak di awal kalimat.
Adapun kata
“ مُجْتَهِدٌ “ berfungsi sebagai Khabar (prediket), karena
ia lah yang menyempurnakan makna kata “ الطَالِبُ “. Tanpa kata “ مُجْتَهِدٌ “ kalimatnya tidak sempurna.
Bentuk-bentuk Mubtada’
Untuk
memahami mubtada’ lebih mendalam lagi, berikuti ini saya kemukakan beberapa contoh
lagi:
1. أَنَا مُدَرِّسٌ , artinya Saya (seorang) guru.
Kata “ أَنَا “ jabatannya sebagai mubtada’ (subjek).
Karena ia terletak di awal kalimat. Namun tanda rafa’nya tidak ada karena kata
“ أَنَا “ merupakan salah-satu bentuk isim dhamir,
dan isim dhamir termasuk isim mabni.
Adapun kata “ مُدَرِّسٌ “ adalah sebagai Khabar.
2. ذلِكَ كِتَابٌ , artinya “ itu (sebuah) kitab “.
Kata “ ذلِكَ “ jabatannya sebagai mubtada’ karena
terletak di awal kalimat, namun tidak memiliki tanda rafa’ . Kata “ ذلِكَ “ adalah salah satu isim isyarah yang mabni.
Adapun kata “ كِتَابٌ “ adalah sebagai khabar.
3. اَّلذِي يَجْتَهِدُ فِي تَعَلُّمِهِ
نَاجِحٌ فِي اِمْتِحَانِهِ
, artinya “ (orang) yang rajin dalam belajarnya lulus dalam ujiannya.
Kata “ اَّلذِي “ jabatannya sebagai mubtada’ karena terletak
di awal kalimat. Namun tanda rafa’nya tidak ada, karena ia adalah salah satu
isim maushul yang mabni.
Adapun kata “ نَاجِحٌ “ adalah sebagai khabarnya, karena ia lah
yang menyempurnakan makna mubtada.
4. مَنْ يَتَعَلَّمْ يَنْجَحْ , artinya “ Barang siapa
(yang) belajar (pasti) lulus.
Kata “ مَنْ “ adalah isim syarat , hukumnya mabni.
Terletak di awal kalimat maka jabatannya sebagai mubtada’. Adapun sebagai
khabarnya adalah kata” يَنْجَحْ “.
5. أَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ , artinya “ Berpuasa (itu) lebih
baik bagimu “.
Susuna أَنْ + فعل disebut sebagai masdar muawwal ( مصدر
مؤول ). Ketika berada di awal kalimat maka
jabatannya adalah sebagai mubtada’. Maka “
أَنْ تَصُوْمُوْا “ dalam contoh di atas adalah sebagai
mubtada’.
Adapun
sebagai khabarnya adalah kata “ خَيْرٌ “ .
Dari
lima contoh di atas dapat disimpulkan; ketika mubtada berasal dari isim mabni
maka tanda rafa’nya tidak ada. Oleh karena itu rafa’nya disebut rafa’ mahallan
( في محل رفع ). Pembahasan tentang ini bisa tulisan saya tentang Pembagian Jumlah.
Bentuk-bentuk
Khabar
Sebagaimana
mubtada’, khabar juga memiliki beberapa bentuk, yaitu ada tiga bentuk:
1.
Jumlah ( جملة ), baik jumlah ismiyah maupun jumlah
fi’liyah. Contoh:
a.
مَحْمُوْدٌ
أَبُوْهُ مُعَلِّمٌ , artinya “ Mahmud
bapaknya (seorang) guru
Pada contoh di atas kata “ مَحْمُوْدٌ “ posisinya sebagai mubtada’.
Khabarnya adalah أَبُوْهُ مُعَلِّم . أَبُوْهُ
مُعَلِّم (bapaknya seorang guru) merupakan jumlah ismiyah.
Kalau begitu, ia terdiri dari mubtada’ dan khabar; أَبُوْهُ
sebagai mubtada’ dan مُعَلِّم
sebagai khabar.
b.
اْلمُسْلِمُوْنَ
يُصَلُّوْنَ فِي المَسْجِدِ , artinya Orang-orang
Islam sholat di mesjid.
Kata “
اْلمُسْلِمُوْنَ “ adalah mubtada’.
Adapun khabarnya yaitu “ يُصَلُّوْنَ “. Kata “
يُصَلُّوْنَ “ adalah jumlah fi’liyah
(فعل + فاعل
); يصلي adalah fi’il , dan fa’ilnya adalah waw
jama’ah ( واو الجماعة ) .
Sedangkan “ فِي المَسْجِد “ adalah sebagai keterangan ( جر و مجرور ).
2.
Menyerupai Jumlah ( شِبْهُ اْلجُمْلَةِ )
Yang dinamakan شِبْهُ اْلجُمْلَةِ adalah:
a.
جر و مجرور
Contoh: التَّلَامِيْذُ
فِي اْلفَصْلِ
Pada contoh di atas, kata “ التَّلَامِيْذِ “
adalah mubtada’, dan “ فِي اْلفَصْلِ “ adalah sebagai khabar. فِي اْلفَصْلِ terdiri dari جر
( فِي ) + مجرور ( اْلفَصْلِ ).
b.
ظَرْفٌ وَ
مُضَافٌ إِلَيْهِ
Contoh: الّسَّمَاءُ
فَوْقَ الأَرْضِ
Pada contoh di atas kata “ الّسَّمَاءُ “ adalah mubtada’.
Adapun sebagai khabarnya adalah فَوْقَ
الأَرْضِ . فَوْقَ
الأَرْضِ terdiri dari “ فَوْقَ “ ( ظرف ) dan الأَرْضِ
( مُضَافٌ
إِلَيْهِ ).
3.
Khabar Mufrad ( خَبْرُ
اْلمُفْرَدِ )
Maksudnya adalah khabar yang bukan berupa jumlah dan bukan pula
syibhul jumlah, atau bukan dua bentuk di atas.
Contoh: اْلبَيْتُ
جَمِيْلٌ
اْلبَيْتُ
adalah mubtada’.
جَمِيْلٌ adalah khabar. Kata “ جَمِيْلٌ “ bukan berupa jumlah dan bukan pula syibh
al-jumlah. Khabar dalam bentuk ini disebut mufrad.
Mubtada’
Nakirah
Asalnya
mubtada’ itu harus ma’rifah, tetapi adakalanya mubtada itu nakirah pada
beberapa keadaan:
1.
Apabila mubtada’ disifati
Contoh: رَجُلٌ كَرِيْمٌ مَعَنَا
Pada contoh di atas, kata “
رَجُلٌ “ berada pada posisi mubtada’, bentuknya
boleh dalam keadaan nakirah karena ia disifati dengan kata “ كَرِيْمٌ “ . Jika kata
“ كَرِيْمٌ “ dihilangkan maka kata “ رَجُلٌ “ harus dima’rifahkan menjadi “ الرَجُلُ “ .
Adapun “ مَعَنَا “ berposisi sebagai khabar.
2.
Apabila mubtada’ diidhafahkan kepada isim nakirah.
Contoh: كَاتِبُ كِتَابٍ نَاجِحٌ
Kata “ كَاتِبُ “ adalah mubtada, keadaannya boleh nakirah
karena ia diidhafahkan kepada isim nakirah yaitu “ كِتَابٍ “ .
Adapun kata “ نَاجِحٌ “ adalah sebagai khabarnya.
3.
Apabila mubtada itu didahului oleh nafyi
Contoh: مَا ظَالِمٌ حَسَنٌ
Pada contoh di atas, kata “
ظَالِمٌ “ berposisi sebagai mubtada’. Kedaannya
boleh nakirah karena ia didahului oleh nafy yaitu “ ما “ .
Adapun kata “ حَسَنٌ “ berposisi sebagai khabar.
4.
Apabila mubtada’ didahului oleh isim istifham
Contoh: هَلْ مُدَرِّسٌ فِي اْلِإدَارَةِ
Kata “ مُدَرِّسٌ “ pada contoh di atas adalah sebagai
mubtada. Kondisinya boleh
nakirah karena didahului oleh isim
istifham, yaitu “ هَلْ “.
Adapun khabarnya dari syibh al-jumlah ( فِي
اْلِإدَارَةِ ).
Mendahulukan Khabar dari Mubtada’
Asalnya mubtada’ letaknya di
awal, diikuti kemudian oleh khabar. Namun adakalanya khabar harus didahulukan
dari mubtada’, yang kita sebut dengan khabar muqaddam ( خبر مقدم ). ada beberapa tempat di mana khabar harus
didahulukan dari mubtada’.
1. Apabila khabar berasal dari syibh al-jumlah dan mubtada’ nakirah
yang tidak disifati dan tidak pula diidhafahkan.
Contoh: فِي اْلبُسْتَانِ فَلَّاحٌ
فِي اْلبُسْتَانِ pada contoh di
atas adalah syibh al-jumlah (jar + majrur). Posisinya sebagai khabar (khabar
muqaddam), sedangkan فَلَّاحٌ
adalah mubtada’ (mubtada’ muakhar).
Dalam konteks ini, khabar harus di dahulukan, karena:
a.
Khabar syibh al-jumlah
b.
Mubtada tidak lagi disifati
(tidak memiliki sifat).
c.
Mubtada’ tidak lagi
diidhafahkan kepada kata lain.
2. Apabila khabar merupakan lafaz-lafaz yang biasanya letaknya di
awal, seperti isim istifham ( اسم استفهام ).
Contoh: أَيْنَ اْلمَسْجِدُ ؟
أيْن adalah isim istifham.
Dalam contoh tersebut “ أيْن “ adalah khabar,
dan اْلمَسْجِدُ adalah mubtadanya.
3. Apabila mubtada bersambung dengan dhamir yang kembali ke khabar.
Contoh: لِلنَّجَاحِ وَقْتُهُ
وَقْتُ adalah mubtada, yang bersambung dengan dhamir
(هُ ), yang kembali ke “ لِلنَّجَاحِ “
, sebagai khabarnya. Itulah sebabnya khabar harus didahulukan dari mubtada’nya.
0 komentar